Tanda-tanda Alergi Dingin, Penyebab, Biaya  Berobat & Dokter – Smarter Health

Alergi dingin merupakan reaksi kulit terhadap yang timbul beberapa mnt sesudah kulit terpapar hawa dingin. Penderita alergi dingin akan mengalami kulit kemerahan, gatal, bahkan ada ruam.

Gejala yg dialami oleh setiap penderita alergi dingin berbeda-beda. Beberapa mempunyai reaksi ringan terhadap hawa dingin, namun beberapanya memiliki reaksi yang lebih parah. apabila penderita alergi dingin berenang dalam air bersuhu dingin, hal tersebut dapat menyebabkan tekanan darah yang sangat rendah, pingsan, atau reaksi syok.

Alergi dingin umumnya dialami sang kelompok dewasa muda. Cara paling gampang buat menghindari alergi dingin merupakan dengan menghindari berendam di air dingin juga mengonsumsi air dingin.

Meski mirip, alergi dingin & flu tidak selaras mengingat penyebab keduanya jua sangat tidak sinkron. Flu bisa terjadi saat virus masuk ke pada tubuh. Ada poly sekali tipe virus yg bisa menyebabkan hal tersebut. Ketika virus tersebut masuk ke dalam tubuh, sistem imun tubuh akan menyerang pulang virus tersebut.

Virus yg menyebabkan terjadinya flu bisa menular ke orang lain. Anda bisa tertular virus flu bila orang yg sedang flu bersin, batuk, atau berjabat tangan menggunakan Anda. Jika Anda mengalami gejala flu, sistem imun Anda akan menyerang virus tadi.

Alergi dingin sendiri terjadi karena sistem imun yang menimbulkan reaksi berlebih. Pada penderita alergi, tubuh melihat komponen yg sebenarnya tidak berbahaya (misalnya debu atau bubuk sari) sebagai sesuatu yang berbahaya. Tubuh akan menyerang komponen ini dan melepaskan histamin seperti waktu sistem imun tubuh menyerang virus flu. Hal ini bisa mengakibatkan pembengkakan pada saluran pernapasan. Anda akan mulai batuk atau bersin-bersin. Alergi nir menular seperti flu.

Flu umumnya dialami selama tiga-14 hari. apabila Anda terus terpapar sang orang yang flu, ada kemungkinan durasi ini bertambah. apabila Anda nir terpapar orang yg flu tetapi terus mencicipi gejala, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter. Alergi dingin dapat terjadi kapan saja jika Anda terpapar oleh penyebab alergi.

Butuh rekomendasi, untuk janji dokter atau cek kisaran porto?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.Penyebab Alergi Dingin

Alergi dingin bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut:Berada pada luar ruangan ketika cuaca sedang sangat dinginBerenang atau berendam dalam air bersuhu dinginMemasuki ruangan ber-AC atau ruangan yg dijaga agar permanen bersuhu dingin, seperti walk-in freezer

Biasanya, temperatur yg dapat memicu reaksi alergi dingin adalah jika suhu berada di bawah empat derajat celsius.

Tidak ada yg benar-sahih tahu apa yang menyebabkan alergi dingin. Beberapa orang memiliki sel kulit yang sangat sensitif lantaran faktor keturunan, virus, atau penyakit lain. Secara umum, hawa dingin memicu pelepasan histamin (zat kimia yang diproduksi oleh sel dalam tubuh ketika mengalami reaksi alergi) dan zat kimia lainnya pada genre darah. Zat-zat kimia ini yang menyebabkan kemerahan, rasa gatal, & terkadang reaksi alergi dalam semua bagian tubuh.Konsultasi Dokter Spesialis Tentang Alergi Dingin

apabila Anda eksklusif berkonsultasi ke dokter setelah mengalami gejala alergi, hal tersebut bisa membantu dokter menganalisa lebih jelas tentang gejala Anda. Sebab, terdapat beberapa penyakit yang memiliki gejala yg sama. apabila gejala dirasa terlalu parah, segera cari pertolongan medis.

Ketika Anda sedang berkonsultasi ke dokter, bersiaplah buat membahas gejala yg Anda alami & riwayat penyakit Anda selama ini. Dokter jua mungkin akan melakukan tes pada kulit Anda, contohnya dengan meletakkan es batu yang sudah dibungkus plastik buat melihat reaksi tubuh Anda terhadap hawa dingin.

Tes ini mungkin dilakukan jika Anda ingin memeriksa apakah Anda mempunyai alergi dingin lantaran faktor keturunan. Dalam hal ini, kulit Anda mungkin nir langsung bereaksi terhadap tes tadi. Dibutuhkan lebih kurang 20-30 mnt agar reaksi timbul.

Dalam beberapa perkara, dokter akan melakukan tes darah untuk menentukan atau mengeliminasi penyebab yang mendasari tanda-tanda yg Anda alami.Gejala Alergi Dingin

Beberapa gejala alergi dingin merupakan sebagai berikut:Kulit yg terpapar hawa dingin akan berwarna kemerahan & terasa gatal, tetapi ad interimSensasi terbakar dalam kulit terpapar seiring dengan naiknya suhu tubuhPembengkakan pada tangan waktu menggenggam barang yg bersuhu dinginPembengkakan pada area bibir bila mengonsumsi makanan atau minuman bersuhu dinginDemamMata berair dan terasa gatalSakit kepala dan mualNyeri ototPeradangan pada tenggorokanHidung tersumbat atau terus mengeluarkan cairan

Pada kasus yg lebih kritis dimana penderita membutuhkan penanganan medis segera, gejalanya meliputi:Syok anafilaktik yang dapat mengakibatkan kelenger, jantung yg berdebar cepat, pembengkakan dalam tubuh (seperti tangan, kaki, juga torso)Pembengkakan pada lidah dan tenggorokan yang dapat mengakibatkan kesulitan dalam bernapasTekanan darah yang turun drastisPingsan

Gejala masing-masing penderita dapat bervariasi. Pada beberapa penderita, tanda-tanda bisa ada hanya dalam dua-5 mnt selesainya kulit terpapar. Tetapi, gejala jua dapat muncul 1-2 jam sehabis kulit terpapar. Reaksi alergi dapat berangsur-angsur hilang hingga dua hari setelahnya.

Ada beberapa faktor yang menaikkan risiko mengalami alergi dingin. Alergi dingin umum terjadi pada grup dewasa belia. Sebagian orang yang mengidap alergi dingin umumnya mengalami perkembangan tanda-tanda yang signifikan atau berhenti mengalami alergi dingin dalam enam tahun.

Alergi dingin dapat terjadi lantaran faktor keturunan maupun nir. Tetapi, gejala dapat dipicu oleh beberapa penyakit spesifik, seperti:Penyakit autoimunInfeksi menular yg dapat menyebabkan mononukleosisCacar airInfeksi hepatitisPenyakit lainnya yg herbi darah

Ada beberapa penyakit yang dapat disalah artikan menjadi alergi dingin, yaitu menjadi berikut:Chilblains

Chilblains merupakan peradangan dalam pembuluh darah pada kurang lebih jempol kaki bila terpapar hawa dingin.Sindrom Raynaud (Raynaud’s Disease)

Sindrom Raynaud disebabkan oleh kurangnya genre darah ke jari tangan atau jari kaki.Cold Agglutinin 

Pada penderita Cold Agglutinin, tubuh menyerang sel darah merah sebagai respons pada suhu darah yang berada di bawah normal.Anemia Hemolitik Autoimun (Paroxysmal Cold Hemoglobinuria)

Anemia jenis ini adalah jenis yg jarang ditemui. Pada penderitanya, antibody dalam tubuh menyerang dan membunuh sel darah merah sehat. Penyakit ini masuk pada kategori kondisi autoimun.Cara Mengobati Alergi Dingin

Sebenarnya, alergi dingin dapat perlahan hilang dengan sendirinya setelah beberapa saat. Tetapi, apabila Anda merasa nir nyaman dengan reaksi alergi yang Anda rasakan, Anda bisa mengonsumsi obat-obatan sesuai dengan resep dokter. Obat alergi dingin dapat dikonsumsi buat mengatasi reaksi alergi maupun buat mencegah keluarnya reaksi alergi.

Obat yang umumnya dipakai merupakan obat antihistamin, misalnya cetirizine, loratadine, atau desloratadine.

Jika obat antihistamin nir sanggup membantu reaksi alergi Anda, Anda bisa mengonsumsi obat antagonis H2, misalnya ranitidine, famotidine, dan cimetidine.

Selain ke 2 jenis obat tadi, obat lain yang mampu Anda pakai adalah:KortikosteroidCapsaicin olesOmalizumabObat agonis reseptor leukotriene, misalnya zafirlukast & monteluklastEstimasi Biaya Pengobatan Alergi Dingin

Estimasi porto pengobatan alergi dingin majemuk, tergantung berdasarkan rumah sakit yg dipilih, jenis dan banyaknya obat yang diberikan, dan tingkat keparahan reaksi alergi.Mencegah Alergi Dingin

apabila Anda merupakan penderita alergi dingin, berikut adalah beberapa cara yg dapat membantu menghindari timbulnya reaksi alergi:Mengonsumsi obat antihistamin sebelum terpapar hawa dinginMengonsumsi obat yang sudah diresepkan dokterMelindungi kulit menurut gambaran hawa dinginMelindungi kulit menurut perubahan hawa yang mendadak, waktu Anda akan berenang, celupkan tangan Anda ke dalam air terlebih dahulu untuk melihat apakah kulit Anda bereaksi terhadap air tadiapabila dokter Anda meresepkan suntikan epinefrin (seperti EpiPen, Auvi-Q, & sebagainya), selalu bawa epinefrin buat mencegah reaksi kritisapabila Anda akan melakukan operasi dalam saat dekat, kabari petugas atau perawat tentang alergi Anda. Hal ini dilakukan supaya tim yg menangani operasi bisa menyediakan langkah tambahan buat menghindari timbulnya alergi dingin pada ruang operasiPerawatan Pasien Alergi Dingin pada Rumah

Leave a Reply