Penyakit Dermatitis Hubungan Alergi- Penyebab, Tanda-tanda – Kondisi Umum

Apakah Anda mengalami benjolan merah & gatal pada lebih kurang mata kaki Anda beberapa jam sesudah melewati hutan? Apakah ruam muncul di leher Anda selesainya Anda menggunakan kalung baru?

Racun ivy, perhiasan yg terbuat menurut logam eksklusif (terutama nikel atau emas) dan tabir surya semuanya bisa mengakibatkan dermatitis hubungan – syarat kulit yg diakibatkan oleh gambaran terhadap sesuatu yg Anda sensitif atau alergi.Gejala Dermatitis Kontak Meliputi:

Dermatitis kontak umumnya terjadi pada area tubuh Anda yang telah terkena langsung zat penyebab reaksi – contohnya di sepanjang betis yg disikat dengan racun ivy atau pada bawah pita pengawas. Ruam umumnya berkembang dalam beberapa mnt hingga jam terpapar dan bisa bertahan 2 sampai empat minggu.Tanda Dan Gejala Dermatitis Kontak Meliputi:Ruam merahRasa gatal, yang mungkin parahKulit kemarau, pecah-pecah, bersisikBenjolan & lecet, terkadang dengan oozing & crustingBengkak, terbakar atau nyeri tekan

Kapan Harus Ke Dokter -Temui Dokter Anda apabila:Ruamnya sangat tidak nyaman sehingga Anda kehilangan tidur atau terganggu menurut aktivitas sehari-hariRuamnya mendadak, menyakitkan, parah atau meluasAnda merasa malu dengan penampilan kulit AndaRuamnya tidak membaik dalam tiga mingguRuam mempengaruhi paras atau indera kelamin AndaCarilah Perawatan Medis Segera Dalam Situasi Berikut:Anda pikir kulit Anda terinfeksi. Petunjuk mencakup demam dan nanah yg mengalir dari lecet.Paru-paru, mata atau saluran hidung Anda terasa sakit & meradang, mungkin karena menghirup alergen.Anda pikir ruam telah merusak lapisan mukosa mulut & saluran pencernaan Anda.

Dermatitis hubungan ditimbulkan sang zat yang terkena yg mengganggu kulit Anda atau memicu reaksi alergi. Zatnya sanggup menjadi salahsatu berdasarkan ribuan alergen & iritasi yang diketahui. Beberapa zat ini dapat mengakibatkan dermatitis kontak iritan & dermatitis hubungan alergi.

Dermatitis kontak iritan adalah tipe yg paling generik. Reaksi kulit non-alergi ini terjadi ketika zat menghambat lapisan pelindung luar kulit Anda.

Beberapa orang bereaksi terhadap iritasi bertenaga sehabis terpapar tunggal. Orang lain dapat berbagi pertanda dan gejala sehabis paparan berulang sampai iritasi ringan. Dan beberapa orang menyebarkan toleransi terhadap substansi menurut saat ke waktu.Iritasi Umum Meliputi:PelarutSpiritusBleach & deterjenShampo, solusi gelombang permanenZat di udara, misalnya debu serbuk gergaji atau wolTanamanPupuk dan pestisida

Dermatitis kontak alergi terjadi jika zat yg Anda sensitif (alergen) memicu reaksi kekebalan pada kulit Anda. Biasanya hanya mempengaruhi daerah yg bersentuhan menggunakan alergen. Tapi itu mungkin dipicu sang sesuatu yang memasuki tubuh Anda melalui kuliner, perasa, obat-obatan, atau prosedur medis atau gigi (dermatitis kontak sistemik).

Anda mungkin sebagai peka terhadap alergen yg bertenaga misalnya poison ivy setelah terpapar tunggal. Alergen yang lebih lemah mungkin memerlukan banyak eksposur selama beberapa tahun buat memicu alergi. Begitu Anda membuatkan alergi terhadap zat, bahkan sejumlah minihal itu bisa menyebabkan reaksi.

Alergen Umum Meliputi:Nikel, yang digunakan pada perhiasan, gesper & poly barang lainnyaObat-obatan, seperti krim antibiotik dan antihistamin oralBalsam Peru, yg poly digunakan dalam produk, misalnya parfum, kosmetik, kumur dan perasaFormaldehida, yg diawetkan, disinfektan & sandangProduk perawatan langsung, seperti deodoran, body wash, pewarna rambut, kosmetik & cat kukuTanaman seperti poison ivy & mangga, yang mengandung zat alergenik sangat dianggap urushiolZat di udara, seperti bubuk sari ragweed & semprotan insektisidaProduk yang menyebabkan reaksi waktu berada di bawah sinar mentari(photoallergic contact dermatitis), seperti beberapa tabir matahari & obat berkaitan dengan mulut.

Anak-anak berbagi syarat dari pelanggar biasa dan pula berdasarkan paparan popok, tisu bayi, tabir surya, pakaian dengan kuncup atau pewarna, & sebagainya.Beberapa Pekerjaan Dan Hobi Membuat Anda Berisiko Tinggi Mengalami Dermatitis Kontak.

Contohnya : Petugas kesehatan & gigiPekerja logamPekerja konstruksiPenata rambut dan cosmetologistsMekanik otomatisPenyelam scuba atau perenang, lantaran karet pada masker atau kacamataPembersihTukang kebun dan pekerja pertanianMasak dan lainnya yang bekerja menggunakan makanan

Diagnosa,Studi diagnostik buat dermatitis kontak alergi mencakup:Preparasi kalium hidroksida dan / atau fungi: Untuk menyingkirkan tinea; Tes ini tak jarang diindikasikan buat dermatitis pada tangan dan kakiUji tempel: Mengidentifikasi bahan kimia eksternal yg menyebabkan orang tadi alergiUlangi uji pelaksanaan terbuka (ROAT): Untuk mengetahui apakah suatu reaksi signifikan pada individu yg mengalami reaksi kimiawi lemah atau 1+ reaksi positif terhadap bahan kimia.Uji dimethylgloxime: Untuk mengetahui apakah benda logam mengandung relatif nikel buat memprovokasi dermatitis alergiBiopsi kulit: Dapat membantu menyingkirkan gangguan lain, terutama tinea, psoriasis, & limfoma kulitPengobatan Dermatitis Kontak Alergi:

Pengobatan definitif buat dermatitis hubungan alergi adalah identifikasi & pemindahan agen sebab-dampak potensial; Jika tidak, pasien berisiko tinggi mengalami dermatitis kronis atau rekuren. Perawatan jua mencakup hal berikut

Pada pasien menggunakan dermatitis hubungan, prioritasnya merupakan buat mengidentifikasi & menghindari zat penyebab.  Kompres dingin bisa menenangkan tanda-tanda dermatitis hubungan akut, dan lotion kalamin dan bakul terigu di koloid dapat membantu mengeringkan & menenangkan lesi yang akut & menular.

Lesi dermatitis hubungan alergi lokal yg berhasil berhasil diobati dengan steroid topikal mid-or high-potential, misalnya triamcinolone 0,1% (Kenalog, Aristocort) atau clobetasol 0,05% (Temovate). Di daerah dengan kulit lebih tipis (misalnya permukaan lentur, kelopak mata, wajah, wilayah anogenital), steroid menggunakan potensi lebih rendah, misalnya salep desonida (Desowen), dapat membantu dan meminimalkan risiko atrofi kulit.  Ada data yg nir mencukupi buat mendukung penggunaan steroid topikal buat dermatitis kontak iritan. Namun, karena sulit buat secara klinis membedakan antara dermatitis kontak alergi dan iritan, agen ini seringkali dipakai dengan sukses buat bentuk iritan.

Jika dermatitis hubungan alergi melibatkan area kulit yg luas (lebih akbar dari 20 persen), terapi steroid sistemik sering diperlukan & menaruh kelegaan dalam saat 12 hingga 24 jam.  Lima sampai tujuh hari prednisone, 0,5 sampai 1 mg per kg setiap hari, dianjurkan. Jika pasien merasa nyaman selesainya terapi awal ini, dosisnya bisa dikurangi sampai 50 % selama lima sampai tujuh hari berikutnya. Tingkat pengurangan takaran steroid tergantung dalam faktor-faktor seperti taraf keparahan & durasi dermatitis kontak alergi, dan seberapa efektif alergen dapat dihindari. Pada dermatitis rhus parah, prednison berkaitan dengan mulut wajibdiruncingkan selama dua sampai 3 minggu karena penghentian steroid yg cepat bisa menyebabkan rebound dermatitis. Paket takaran steroid mempunyai dosis dan durasi yang tidak mencukupi & nir boleh diresepkan. Tidak ada bukti buat mendukung penggunaan steroid injeksi jangka panjang dalam pengobatan dermatitis hubungan.

Pada pasien dengan dermatitis kontak akibat nikel, sangat membantu buat menutupi tab logam jins menggunakan tempelan besi (paling efektif) atau beberapa lapisan cat kuku yg kentara. Membersihkan cat kuku jua bisa dipakai pada ikat pinggang gesper, akan tetapi mungkin perlu segera diaplikasikan balik .

Beberapa pasien mungkin alergi terhadap bahan pengawet yang digunakan di dasar krim steroid. Salep steroid direkomendasikan lantaran memungkinkan obat buat menjaga hubungan menggunakan kulit lebih lama& ada sedikit risiko reaksi alergi (reaksi alergi terhadap steroid itu sendiri jarang terjadi). Selain itu, perendaman wilayah yg terkena dampak sebelum menerapkan steroid diperkirakan bisa membantu meningkatkan penetrasi & menaikkan keefektifannya.

Leave a Reply