4 Penyebab benjolan di bibir yang bisa Anda alami

By | January 21, 2021


Solusisehatalami.com – JAKARTA. Ada banyak faktor yang menyebabkan benjolan di bibir. Sebagian orang akan merasa sakit akibat benjolan itu, sedangkan sebagian yang lain justru tidak merasa sakit sama sekali. Anda tak perlu khawatir karena kondisi tersebut bisa disembuhkan sesuai dengan penyebabnya.

Biasanya, orang-orang akan menyembuhkan benjolan di obat apotek atau bahan-bahan alami. Untuk ukuran benjolan yang lebih besar dan kondisinya yang lebih serius, Anda membutuhkan perawatan medis supaya masalah bisa teratasi dengan benar.

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), ada beberapa hal yang bisa memunculkan benjolan di bagian bibir Anda. Mulai dari infeksi virus, infeksi bakteri, infeksi jamur, alergi, dan lain sebagainya.

HFMD

HFMD atau Hand Foot and Mouth Disease adalah penyakit yang bisa memunculkan benjolan di bagian bibir Anda. Penyakit tersebut juga menimbulkan gejala yang lain, seperti demam, nafsu makan menurun, dan sakit tenggorokan.

Biasanya, penyakit itu lebih mudah diderita oleh anak berusia di bawah lima tahun. Meski jarang terjadi, HFMD sangat menular. Jadi, Anda perlu mewaspadai penularannya. Penyakit tersebut bisa sembuh dalam waktu tujuh hingga 10 hari.

Baca Juga: Begini cara agar bibir tidak hitam dengan bahan-bahan alami ini

Sipilis

Sipilis adalah salah satu infeksi seksual menular yang disebabkan oleh bakteri. Ruam tak hanya muncul di sekitar anus atau alat kelamin, tapi juga muncul di bibir Anda. Jika dibiarkan, kondisi kesehatan Anda terganggu. Pengobatan yang biasa dilakukan adalah dengan memanfaatkan antibiotik.

Kandidiasis

Selain virus dan bakteri, jamur juga bisa menyebabkan munculnya benjolan di bibir yang disebut dengan Bercak putih dapat muncul di lidah dan mulut bagian dalam. Tak hanya itu, kandidiasis juga membuat penderitanya mengalami sakit saat menelan, kehilangan cita rasa, dan bibir pecah-pecah.

Setiap orang bisa mengalami infeksi jamur tersebut. Meski demikian, kandidiasis lebih mudah dialami oleh mereka yang memiliki gangguan sistem imun tubuh. Anda membutuhkan obat antijamur untuk mengatasi infeksi itu.

Baca Juga: 3 Rekomendasi scrub bibir dari bahan alami

Alergi

Alergi dengan produk make up jadi salah satu penyebab benjolan di bibir.

Medical News Today mengatakan bahwa benjolan di bibir juga bisa disebabkan oleh alergi, lo. Ada banyak hal yang bisa menimbulkan reaksi alergi. Misalnya, makanan atau bulu hewan peliharaan. Produk make up juga dapat menimbulkan reaksi serupa, apalagi yang mengandung titanium atau bahan kimia keras lainnya.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *