Mudah didapat, ini daftar makanan yang mengandung asam folat

By | January 19, 2021


Solusisehatalami.com – Vitamin B9 atau asam folat adalah salah satu jenis vitamin yang memegang peranan penting dalam tubuh. Maka dari itu, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat secara rutin supaya tubuh bisa berfungsi secara normal.

Salah satu fungsi penting dari asam folat adalah berguna dalam pembagian sel dan berpengaruh pada pertumbuhan serta perkembangan janin. Jika ibu hamil tak mencukupi kebutuhan asam folat, janin berisiko lahir dalam keadaan cacat.

Mengutip dari Healthline, orang dewasa perlu mengonsumsi 400 mcg asam folat per hari supaya tak mengalami defisit. Anda tak perlu khawatir karena ada banyak sumber makanan yang mengandung nutrisi itu.

Asparagus

Sumber makanan pertama yang memiliki banyak asam folat adalah asparagus. Dalam 90 g asparagus, Anda bisa mendapat 134 mcg asam folat di mana memenuhi 34% kebutuhan asam folat harian Anda.

Tak hanya itu, asparagus juga mengandung antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri.

Baca Juga: Daftar makanan dan minuman yang efektif meredakan asam urat Anda

Telur

Telur termasuk dalam salah satu makanan yang mengandung asam folat. Dalam satu butir telur berukuran besar, Anda bisa mendapat 22 mcg asam folat.

Selain itu, masih banyak nutrisi penting lain yang terkandung dalam telur. Mulai dari protein, riboflavin, vitamin B12, selenium, dan lain sebagainya.

Sumber makanan tersebut juga mengandung antioksidan yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. Maka dari itu, usahakan untuk memasukkan telur dalam daftar makanan yang Anda konsumsi sehari-hari.

Sayuran hijau

Healthline menyebutkan, sayuran hijau juga bisa untuk memenuhi kebutuhan asam folat Anda. Anda bisa mendapat 58,2 mcg asam folat dari 30 g bayam mentah.

Tak berhenti sampai di situ, bayam juga mengandung banyak nutrisi penting dan hanya mengandung sedikit kalori sehingga cocok dikonsumsi secara rutin.

Baca Juga: Khasiat sawi putih, dari turunkan darah hingga cegah kanker dll

Buah bit

Buah bit termasuk salah satu makanan yang mengandung asam folat.

Salah satu makanan yang mengandung asam folat untuk Anda pilih adalah buah bit. Anda bisa memenuhi 37% kebutuhan asam folat harian dengan mengonsumsi 136 g buah bit.

Selain mengandung asam folat, buah bit memiliki banyak nutrisi penting, seperti vitamin C, mangan, dan kalium. Buah bit juga mengandung nitrat yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Menurut sebuah penelitian, minum jus buat bit mampu menurunkan tekanan darah sistolik secara sementara sebanyak 4-5 mmHg.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *