Yuk, ketahui 4 penyebab benjolan di selangkangan ini

By | January 11, 2021


Solusisehatalami.com – JAKARTA. Ada banyak hal yang bisa jadi penyebab benjolan di selangkangan. Mulai dari faktor yang mudah diatasi, hingga hal lain yang lebih serius. Tiap penyebab menimbulkan gejala dan butuh penanganan yang berbeda-beda.

Jika benjolan tak segera Anda atasi dengan cara yang tepat, kemunculannya bisa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari hingga mengganggu kesehatan bagian tubuh Anda yang lain. Benjolan yang muncul biasanya dibarengi dengan gejala umum yang lain.

Mulai dari mual, muntah, demam, dan benjolan yang terasa sakit. Nantinya, dokter akan memeriksakan kondisi kesehatan Anda. Misalnya, melakukan berbagai macam tes, melihat riwayat kesehatan keluarga, dan lain sebagainya.

Setelah melewati fase pemeriksaan, Anda akan mendapat perawatan yang disesuaikan dengan penyebab benjolan. Pengobatan benjolan yang disebabkan oleh kista tentu saja berbeda dengan pengobatan benjolan akibat infeksi bakteri. Begitu pula dengan penyebab lainnya.

Baca Juga: Ada benjolan di telinga, perlu Anda ketahui gejala dan penyebabnya

Kista

Medical News Today (medicalnewstoday.com) mengatakan bahwa kista tidak bersifat kanker dan biasanya tidak berbahaya pula untuk kesehatan. Meski demikian, kista yang tak diatasi dengan baik bisa menyebabkan infeksi.

Ada dua jenis kista yang bisa timbul di daerah selangkangan, yaitu kista epidermoid dan kista sebasea. Kista epidermoid muncul di bawah permukaan kulit. Sedangkan kista sebasea muncul akibat folikel rambut atau kelenjar minyak yang tersumbat.

Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening termasuk dalam salah satu komponen sistem imun tubuh yang berguna untuk mengeluarkan virus, bakteri, dan zat racun lain. Komponen tersebut juga mengandung sel darah putih yang membantu tubuh untuk melawan infeksi benda asing penyebab berbagai macam penyakit.

Saat terinfeksi, kelenjar getah bening akan membengkak sehingga menimbulkan benjolan di selangkangan. Tidak hanya muncul di area tersebut, kelenjar getah bening di bagian ketiak dan leher pun bisa meradang karena infeksi.

Hernia

Mengutip dari Medical News Today, hernia adalah kondisi di mana jaringan atau organ mendorong otot yang mengelilinginya. Ada dua jenis hernia yang bisa Anda alami, yaitu hernia inguinalis dan hernia femoralis.

Baca Juga: Gejala dan penyebab benjolan di kaki ini perlu Anda ketahui

Pembuluh Darah

Benjolan di selangkangan juga bisa disebabkan karena pembuluh darah yang membengkak, lo. Ada dua tipe pembengkakan pembuluh darah yang bisa menyebabkan benjolan, yaitu aneurisma femoralis dan varicose vein.

Aneurisma femoralis terjadi saat dinding arteri lemah. Sedangkan varicose vein menimbulkan benjolan karena tekanan darah vena meningkat. Varicose vein lebih banyak dialami oleh orang tua, penderita obesitas, atau wanita hamil.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *