Rekomendasi makanan rendah kalori untuk menurunkan berat badan

By | January 11, 2021


Solusisehatalami.com – JAKARTA. Ada banyak cara menurunkan berat badan yang bisa Anda coba. Mulai dari rajin olahraga, banyak minum air putih, hingga mengatur asupan nutrisi setiap hari. Supaya berat badan turun dengan lebih cepat, ada baiknya bagi Anda untuk mengonsumsi makanan rendah kalori.

Sayangnya, makanan dengan kalori yang tidak banyak bisa membuat Anda mudah merasa lapar. Kekurangan kalori juga dapat jadi salah satu penyebab mengapa Anda mudah lelah dan tidak berenergi.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena ada banyak pilihan makanan dengan kalori yang sedikit, tapi tetap bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Beberapa contoh makanan yang dimaksud adalah oatmeal, greek yogurt, buah beri, dan lain sebagainya.

Tak hanya mengandung kalori yang sedikit, jenis makanan tersebut juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Artinya, mengonsumsi makanan bergizi secara rutin bisa menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Baca Juga: Rekomendasi makan malam untuk diet ini patut dicoba

Oatmeal

Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa oatmeal adalah salah satu jenis makanan yang cocok dikonsumsi saat Anda melakukan diet sehat. Dalam 40 g oatmeal, Anda bisa mendapat 148 kalori, 5.5 g protein, dan 3.8 g serat.

Greek Yogurt

Makanan rendah kalori lain yang bisa Anda jadikan opsi adalah greek yogurt. Dalam 150 g greek yogurt, Anda bisa mendapat 130 kalori dan 11 g protein. Kandungan tersebut mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Buah Beri

Jika Anda ingin menekan rasa lapar dan menurunkan berat badan dengan lebih cepat, cobalah untuk mengonsumsi buah beri secara rutin. Jenis buah ini mengandung banyak serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang mampu meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

Buah beri juga mengandung banyak pectin. Dalam sebuah penelitian, pectin adalah salah satu jenis serat yang mampu memperlambat proses pengosongan perut. Jadi, Anda tidak akan mudah lapar ketika mengonsumsi jenis buah tersebut.

Baca Juga: Diet mediterania masih jadi diet terbaik tahun 2021

Telur

Telur termasuk salah satu makanan rendah kalori yang bisa Anda konsumsi.

Mengutip dari Healthline, telur bisa Anda jadikan opsi makanan rendah kalori. Anda bisa mendapat 72 kalori dan 6 g protein dalam sebutir telur berukuran besar. Tak hanya itu, mengonsumsi telur juga mampu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh Anda.

Ikan

Sumber makanan lain yang perlu Anda konsumsi secara rutin saat diet adalah ikan. Anda hanya mendapat kurang dari 70 kalori dan lebih dari 15 g protein setelah mengonsumsi 85 g ikan. Ikan juga bisa mengurangi jumlah ghrelin, hormon yang menstimulasi rasa lapar dalam tubuh.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *