Gejala dan penyebab infeksi saluran kemih ini perlu Anda waspadai

By | January 11, 2021


Solusisehatalami.com – Infeksi saluran kemih adalah infeksi yang menyerang ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Ada dua jenis infeksi yang bisa Anda alami, yaitu infeksi infeksi saluran atas dan infeksi saluran bawah.

Saluran atas meliputi ginjal dan ureter, sedangkan saluran bawah adalah kandung kemih dan uretra. Jenis infeksi saluran kemih lebih banyak dialami oleh wanita dibanding pria yang termasuk dalam golongan usia di bawah 50 tahun.

Penyebab pastinya belum bisa ditentukan. Namun, hal itu berkaitan dengan anatomi tubuh wanita di mana uretranya lebih pendek dari pria.

Selain mendapat perawatan dari dokter, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi infeksi di saluran kemih. Misalnya, memakai kompres hangat untuk mengatasi sakit perut, menghindari kopi, alkohol, dan makanan pedas, serta minum banyak air putih.

Infeksi di saluran kemih bisa Anda cegah, lo. Caranya dengan mengonsumsi makanan bergizi, menjaga kebersihan, dan mengetahui penyebab serta gejala infeksi. Tujuannya agar Anda lebih waspada sehingga infeksi tak terjadi.

Baca Juga: Mengacu jenis batu ginjal, berikut makanan penyebab batu ginjal

Penyebab infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih terjadi ketika ada bakteri yang masuk ke saluran melalui uretra. Biasanya, infeksi tersebut terjadi ketika Anda tak menjaga kebersihan setelah berhubungan seksual, buang air besar, atau buang air kecil.

Jika jumlah bakteri yang menginfeksi sudah terlalu banyak hingga menyerang ginjal, Anda bisa mengalami infeksi ginjal yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih parah. Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko Anda mengalami infeksi itu.

Mulai dari batu ginjal, wanita yang sedang menggunakan pil KB atau berada di fase pascamenopause, seseorang dengan gangguan sistem imun tubuh, dan lain sebagainya. Meski demikian, Anda tak perlu khawatir karena gangguan kesehatan itu tidak menular ke orang lain.

Baca Juga: Awas! Sering menahan buang air kecil bisa memicu masalah kesehatan

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *