Ragam sistem imunitas pada manusia, dari alami hingga buatan

By | January 7, 2021


Solusisehatalami.com –  Sistem imun atau sistem pertahanan tubuh merupakan bagian penting yang dimiliki tubuh manusia. Saat sistem ini melemah, tubuh menjadi mudah terserang penyakit. 

Sistem imunitas, dikutip dari LiveScience, adalah sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit dan gangguan yang dapat merusak tubuh. Dalam kondisi yang prima, imun tubuh mampu melawan berbagai infeksi patogen seperti virus, bakteri, dan parasit. 

Sistem imunitas kita terbagi menjadi tiga jenis: Imunitas alami (innate), buatan (adaptive), dan imunitas pasif. Simak penjelasan tentang ketiga sistem imunitas tubuh di bawah ini yang dihimpun dari LiveScience dan Medical News Today

Sistem imunitas alami

Saat lahir, manusia dibekali dengan sistem imunitas alami. Sistem ini terdiri dari perlindungan baik dalam maupun di luar tubuh. 

Komponen yang masuk dalam sistem imun alami diantaranya:

  • Kulit
  • Enzim pada air mata dan minyak kulit.
  • Dahak dan refleks batuk.
  • Cairan asam lambung. 
  • Sel darah putih.

Baca Juga: Terapkan isolasi mandiri yang benar setelah liburan ke luar kota, begini caranya

Imun kita akan bekerja saat patogen, bisa berupa bakteri atau virus, masuk ke dalam tubuh. Antigen pada virus atau bakteri merangsang sistem imunitas untuk memproduksi antibodi guna menyerang infeksi tersebut. 

Sistem imun ini juga disebut sebagai sistem imun non-spesifik. Dinamai demikian karena imunitas ini tidak bisa melawan penyakit atau gangguan tertentu. 

Artinya, respon dari sistem imunitas alami lebih umum. Jika patogen mampu menembus pertahanan imunitas alami, tubuh memerlukan bantuan dari imunitas buatan. 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *