Perut kembung saat hamil bisa diatasi dengan 4 cara ini

By | January 6, 2021


Solusisehatalami.com – Perut kembung saat hamil adalah salah satu kondisi yang sering dialami oleh para calon ibu. Ada banyak hal yang menyebabkan terjadinya hal tersebut, salah satunya adalah obat atau makanan yang Anda konsumsi.

Mengutip dari Healthline, ada banyak perubahan yang terjadi selama kehamilan, termasuk perubahan hormon dalam tubuh Anda. Hormon progesteron berguna untuk merilekskan otot-otot dalam tubuh Anda.

Namun, hal tersebut justru mengakibatkan penumpukan gas sehingga perut kembung pun Anda rasakan. Meski bisa hilang dengan sendirinya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan supaya kondisi itu bisa teratasi dengan lebih cepat.

Jika jumlah gas terus bertambah dan perut kembung tidak Anda atasi dengan baik, kondisi tersebut bisa menyebabkan gangguan kesehatan, misalnya sembelit. Beberapa cara yang bisa Anda coba adalah minum lebih banyak air, meningkatkan aktivitas fisik, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 4 Penyebab kram perut bawah yang bisa dialami wanita

Minum banyak air putih

Banyak minum air putih jadi salah satu cara mengatasi perut kembung saat hamil.

Perut kembung saat hamil bisa Anda atasi dengan minum banyak air putih. Usahakan untuk minum delapan hingga 10 gelas air putih setiap hari.

Jika Anda ingin minum jus, usahakan untuk minum jus buah yang tidak memicu produksi gas. Misalnya, nanas, jeruk, atau anggur.

Meningkatkan aktivitas fisik

Healthline menyebutkan, perut kembung yang Anda rasakan saat hamil juga bisa diatasi dengan meningkatkan aktivitas fisik. Usahakan untuk rutin berolahraga selama 30 menit.

Namun, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter dulu untuk menyesuaikan kondisi Anda.

Baca Juga: Cara mengatasi bayi yang susah buang air besar

Konsumsi makanan berserat

Mengonsumsi makanan berserat juga bisa dijadikan pilihan untuk mengobati perut kembung saat hamil, lo.

Cobalah untuk mengonsumsi 25 gram hingga 30 gram serat tiap hari supaya perut kembung dan sembelit bisa Anda cegah. Anda bisa mendapatkan serat dari sayur, oatmeal, atau buah.

Minum suplemen serat

Jika Anda kesulitan untuk mengonsumsi sumber makanan berserat, cobalah untuk menggantinya dengan minum suplemen serat. Mintalah saran dokter tentang suplemen apa yang cocok Anda konsumsi sesuai dengan konsumsi.

Bila perut kembung masih Anda rasakan meski sudah melakukan cara-cara tersebut, segera periksakan diri ke dokter. Apalagi, jika kondisi tersebut dibarengi dengan rasa sakit yang berlangsung selama lebih dari 30 menit.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *