Cocok mengatasi kulit kering, inilah 4 manfaat alpukat

By | January 6, 2021


Solusisehatalami.com – JAKARTA. Tak hanya memiliki rasa yang lezat, alpukat juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Manfaat alpukat berasal dari kandungan lemak sehat, mineral, vitamin, dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan tubuh.

Tak berhenti sampai di situ, alpukat juga mengandung vitamin C dan vitamin E yang berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit. Ada banyak cara menggunakan alpukat yang bisa Anda lakukan, salah satunya adalah memakai buah tersebut sebagai masker.

Pertama, campurkan ½ alpukat matang, 1 sdm minyak kelapa, 1 sdt madu, dan 1 sdt air. Aduk bahan-bahan tersebut hingga rata dan berbentuk pasta. Gunakan masker alpukat yang sudah jadi pada wajah kemudian diamkan dulu selama 15 menit.

Setelah itu, bilas sisa masker dengan air hangat. Jangan lupa untuk memakai pelembab yang biasa Anda gunakan supaya kesehatan kulit terjaga. Selain dalam bentuk masker, minyak alpukat juga bisa Anda pakai untuk mendapat manfaat alpukat.

Baca Juga: 5 Makanan berserat ini perlu Anda konsumsi secara rutin

Mencegah Kerusakan Kulit

Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa alpukat mengandung senyawa yang berguna untuk mengatasi inflamasi dan efek sinar matahari. Jika kulit terpapar sinar matahari terlalu sering, tanda-tanda penuaan bisa muncul.

Meningkatkan Elastisitas Kulit

Manfaat alpukat selanjutnya yang bisa Anda rasakan adalah elastisitas kulit meningkat. Sebuah penelitian menunjukkan, lemak tak jenuh tunggal yang ada di alpukat mampu mampu meningkatkan elastisitas kulit. Artinya, kerutan di wajah Anda pun bisa berkurang.

Mengurangi Jerawat

Salah satu manfaat alpukat adalah cocok jadi obat jerawat.

Alpukat juga berguna untuk mengatasi masalah jerawat yang sering Anda alami, lo. Cobalah untuk memakai minyak alpukat sebagai pembersih wajah secara rutin. Kandungan antimikroba di dalamnya mampu melawan kemunculan jerawat.

Jadi, bahan alami itu cocok dipakai untuk pemilik tipe kulit mudah berjerawat. Selain itu, memakai minyak alpukat juga mampu menjaga kelembaban kulit dan membuat teksturnya menjadi lebih lembut.

Baca Juga: Ingin menurunkan berat badan? Coba 4 resep salad buah ini, yuk

Mengatasi Kulit Kering

Tak hanya kulit berminyak, pemilik tipe kulit kering pun sering mengalami masalah., seperti kulit yang terlihat kusam, pecah-pecah, dan lain sebagainya. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk memakai alpukat secara rutin.

Kemampuan tersebut berasal dari kandungan biotin, salah satu bagian vitamin B kompleks. Saat digunakan secara langsung pada kulit, biotin mampu melembabkan kulit Anda. Mengutip dari Healthline, alpukat juga mampu mengatasi rambut dan kuku yang rapuh.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *