Inilah penyebab mata bintitan dan cara mengobatinya

By | January 5, 2021


Solusisehatalami.com – JAKARTA. Banyak orang yang pernah mengalami mata bintitan atau benjolan di kelopak mata. Kondisi tersebut muncul dalam berbagai macam tipe. Mulai dari milia, xanthelasma, kalazion, dan bisa juga berbentuk seperti jerawat.

Bintitan bisa jadi tanda gangguan kesehatan yang perlu Anda waspadai. Selain menyebabkan inflamasi, mata bintitan dapat pula menunjukkan gejala yang lain, seperti pandangan mengabur, iritasi, dan warna kulit menjadi merah.

Jika gejala-gejala tersebut Anda alami dalam jangka waktu lama, segera periksakan diri ke dokter supaya mendapat antibiotik atau obat lain yang lebih tepat. Tanda lain yang perlu Anda perhatikan adalah saat benjolan mulai berubah warna dan ukuran.

Supaya kondisi Anda tak semakin parah, ada beberapa penyebab radang kelopak mata yang sebaiknya Anda ketahui. Cara mengobati dan pencegahannya pun harus Anda lakukan supaya kondisi kesehatan Anda tetap terjaga.

Baca Juga: Catat, inilah cara menghilangkan mata ikan terbaik yang bisa Anda coba

Penyebab Mata Bintitan

Web MD (webmd.com) mengatakan bahwa salah satu penyebab bintitan adalah penyumbatan pada kelenjar keringat atau folikel bulu mata. Stres dan perubahan hormon dalam tubuh Anda juga bisa jadi penyebab lainnya.

Kondisi kesehatan tubuh Anda dapat jadi faktor selanjutnya yang menyebabkan munculnya benjolan di sekitar area kelopak mata. Kondisi tersebut lebih mudah terjadi pada Anda yang menderita eksim, rosacea, kanker kulit, dan gangguan kolesterol.

Cara Mengobati Mata Bintitan

Jika Anda mengalami benjolan di mata, ada beberapa cara mengobati bintitan yang bisa Anda lakukan. Pertama, jangan memencet atau menyentuh bintitan terlalu sering karena bisa membuat iritasi. Kedua, gunakan kompres hangat beberapa kali dalam sehari.

Baca Juga: 4 Cara menebalkan bulu mata dengan bahan alami

Ketiga, pijat area mata yang bengkak, tapi pastikan untuk melakukannya secara perlahan, ya. Tujuannya agar kelenjar tidak lagi tersumbat. Keempat, selalu jaga kebersihan area kulit yang meradang meski bintitan sudah mengering.

Untuk beberapa saat, usahakan untuk tidak memakai make up di area mata supaya kondisi tersebut bisa cepat sembuh. Jika Anda ingin memakai softlens, pastikan untuk memakainya dalam keadaan bersih.

Jika cara menghilangkan bintitan tersebut tak kunjung hilang, Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter. Seperti yang telah dikatakan, bisa saja radang kelopak mata yang Anda alami disebabkan oleh masalah kesehatan yang memerlukan bantuan dokter supaya bisa sembuh.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *