Catat, inilah cara menghilangkan mata ikan terbaik yang bisa Anda coba

By | January 5, 2021


Solusisehatalami.com – JAKARTA. Mata ikan adalah kondisi kulit di sekitar kaki yang menebal dan mengeras. Masalah tersebut berbeda dengan kapalan karena biasanya berukuran kecil dan menimbulkan rasa sakit yang lebih kuat. Meski tak berbahaya, mata ikan bisa menyebabkan iritasi dan rasa tidak nyaman.

Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa mata ikan bukan termasuk dalam penyakit kulit. Kondisi tersebut terjadi karena kulit yang mengalami gesekan atau tekanan. Maka dari itu, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kemunculannya.

Pertama, gunakan sepatu dan kaus kaki dengan ukuran yang sesuai dengan kaki Anda. Jangan pakai sepatu dan kaus kaki yang terlalu sempit atau terlalu longgar karena bisa menyebabkan mata ikan. Kedua, potong kuku secara rutin agar tak melukai kulit Anda.

Ketiga, selalu jaga kebersihan kaki dan jangan lupa untuk menjaga kelembabannya untuk mencegah kulit kering. Jika mata ikan terlanjur muncul, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengobatinya.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan kerutan di bawah mata yang bisa Anda coba

Air Hangat

Kulit yang mengeras dan menebal perlu Anda lunakkan supaya mata ikan bisa hilang dengan lebih mudah. Anda bisa melakukannya dengan merendam kaki dalam air hangat selama minimal 10 menit. Lakukan cara ini berulang kali sampai masalah yang Anda alami teratasi.

Batu Apung

Healthline merekomendasikan batu apung untuk menghilangkan mata ikan. Batu apung adalah batuan vulkanik berpori yang mampu mengangkat sel kulit mati sehingga mata ikan bisa sembuh lebih cepat. Usahakan menggosokkan batu apung secara perlahan supaya kulit kaki Anda tak iritasi.

Losion

Bahan lain yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi mata ikan adalah losion pelembab atau krim yang terbuat dari asam salisilat. Asam salisilat mampu membersihkan keratin dan sel kulit mati di sekitar mata ikan.

Dengan memakai losion beberapa kali secara rutin, mata ikan menjadi lebih mudah untuk disembuhkan. Namun, losion yang terbuat dari asam salisilat tidak direkomendasikan bagi Anda yang menderita diabetes atau sirkulasi yang buruk. Jadi, konsultasikan dulu dengan dokter.

Baca Juga: 4 Cara menghaluskan wajah ini patut Anda coba

Plaster Mata Ikan

Supaya mata ikan cepat sembuh dan tak menimbulkan iritasi, Anda bisa memakai plaster mata ikan saat memakai sepatu atau alas kaki lain. Namun, jika mata ikan semakin terasa sakit, membengkak, dan berubah warna menjadi merah, segera periksakan diri ke dokter supaya mendapat perawatan yang tepat.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *