Infeksi Virus Corona dapat sebabkan gejala langka ini

By | January 4, 2021


Solusisehatalami.com – JAKARTA. Sejauh ini, ada beberapa gejala infeksi Virus Corona yang umum terjadi. Mulai dari demam, batuk, kemampuan indra penciuman dan pencecap menurun, dan lain sebagainya. Namun, tahukah Anda bahwa ada gejala Covid-19 baru yang bernama blue lips?

Melansir Yahoo! Life (yahoo.com), blue lips atau cyanosis adalah salah satu ciri Covid-19 parah. Centers for Disease Control and Prevention atau CDC mengatakan bahwa blue lips termasuk salah satu indikator yang menunjukkan bahwa Anda membutuhkan perawatan medis darurat.

Blue lips adalah tanda kekurangan oksigen yang biasanya muncul terlambat. Kondisi tersebut terjadi ketika paru-paru meradang sehingga mengurangi jumlah oksigen dalam tubuh. Meski jarang terjadi, Anda tidak boleh mengabaikan blue lips, apalagi bagi pasien Covid-19 tanpa gejala.

Mengutip dari Yahoo! Life, blue lips menunjukkan bahwa jumlah oksigen dalam darah benar-benar berkurang. Jadi, saat gejala Covvid-19 tersebut muncul, hal itu menunjukkan bahwa infeksi Virus Corona sudah parah. Selain blue lips, ada gejala lain yang perlu Anda waspadai.

Baca Juga: Tanpa gejala, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa terpapar corona

Pertama, infeksi Virus Corona bisa menyebabkan sesak napas. Jika Anda mengalami gejala tersebut, segera panggil tenaga kesehatan, apalagi jika sesak napas terjadi ketika Anda tak melakukan aktivitas fisik yang menguras tenaga.

Kedua, penderita Covid-19 bisa mengalami nyeri dada yang berlangsung lama. Hal itu bisa jadi tanda bahwa Virus Corona menyerang jantung. Beberapasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit ada yang mengalami gagal jantung hingga miokarditis atau peradangan otot jantung.

Ketiga, Virus Corona juga mampu menyebabkan seseorang kebingungan secara tiba-tiba. Hal itu menjadi tanda bahwa Anda mengalami kejang, stroke, hingga jumlah oksigen dalam tubuh yang menurun.

Baca Juga: Antisipasi munculnya varian baru Covid-19, begini upaya pemerintah

Keempat, Anda akan kesulitan untuk bangun di siang hari. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, cobalah untuk segera mencari pertolongan medis supaya kondisi kesehatan Anda tak semakin buruk. Selain itu, masyarakat diimbau untuk menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

Jaga jarak dengan orang lain, gunakan masker secara benar, dan cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi dan rajin olahraga juga penting untuk Anda lakukan.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *