Tipe dan cara mengatasi infeksi usus yang bisa Anda lakukan

By | January 1, 2021


Solusisehatalami.com – JAKARTA. Infeksi usus bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari bakteri, virus, dan jenis parasit yang lain. Ada banyak cara mengatasi kondisi tersebut sesuai dengan kondisi dan gejala yang Anda alami. Umumnya, Anda akan merasa sakit perut dan diare saat usus mengalami infeksi.

Tak hanya itu, Anda juda dapat mengalami mual, muntah, kehilangan nafsu makan, nyeri otot, dan penurunan berat badan. Gejala-gejala tersebut akan terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung selama beberapa hari.

Jika Anda mengalami gejala tersebut, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Apalagi bila Anda mengalami gejala yang lebih parah. Mulai dari demam tinggi, mengeluarkan darah saat buang air besar, dan dehidrasi.

Melansir Medical News Today (medicalnewstoday.com) mengatakan bahwa ada beberapa orang yang memiliki risiko komplikasi lebih tinggi. Beberapa di antaranya adalah wanita hamil, orang tua, anak-anak, dan seseorang yang memiliki sistem imun tubuh bermasalah.

Baca Juga: ​9 Manfaat kimchi bagi kesehatan: cegah kanker perut hingga turunkan berat badan

Tipe Infeksi Usus

Seperti yang telah dikatakan, usus bisa terinfeksi oleh bakteri, virus, dan parasit. Bakteri menyerang usus Anda melalui makanan yang Anda konsumsi. Misalnya, daging atau telur mentah atau sayur dan buah yang tidak dicuci hingga bersih.

Sedangkan infeksi virus merupakan jenis infeksi yang sering dialami oleh banyak orang. Namun, infeksi tersebut bisa diatasi menggunakan vaksin. Untuk infeksi parasit, Medical News Today mengatakan parasit masuk ke tubuh melalui feses, air, atau benda lain yang terkontaminasi parasit.

Cara Mengatasi Infeksi Usus

Umumnya, infeksi pada usus bisa sembuh sendiri. Hal yang perlu Anda lakukan adalah memperbanyak waktu istirahat supaya sistem imun tubuh memiliki energi untuk melawan infeksi. Tak hanya itu, mencegah dehidrasi dan mengonsumsi makanan yang mudah dicerna juga bisa dilakukan.

Baca Juga: Gejala dan penyebab badan lemas ini perlu Anda waspadai

Namun, dalam beberapa kasus, Anda tetap membutuhkan obat yang diresepkan dokter supaya kondisi kesehatan Anda tak semakin parah. Untuk menghindari infeksi yang bisa terulang kembali, ada beberapa hal yang perlu Anda coba.

Pertama, jaga kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan dan lingkungan sekitar dengan menyemprot disinfektan. Kedua, masak sayur, daging, dan sumber makanan lain hingga benar-benar matang. Ketiga, hindari bepergian ke tempat-tempat yang banyak ditemukan kasus infeksi.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *