Penyebab dan perawatan benjolan di payudara ini perlu Anda ketahui

By | December 30, 2020


Solusisehatalami.com – JAKARTA. Benjolan di payudara bisa bersifat kanker. Maka dari itu, Anda perlu waspada terhadap pembengkakan apa pun yang muncul di area tubuh tersebut. Jika tidak ditangani dengan tepat, kondisi kesehatan tubuh yang lain bisa mengalami gangguan.

Meski umum dikaitkan dengan penyakit wanita, Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa laki-laki pun bisa mengalami hal yang sama. Kondisi tersebut muncul akibat pengaruh hormon pada jaringan payudara.

Perubahan hormon dapat menimbulkan berbagai macam benjolan. Meski demikian, benjolan yang muncul bisa hilang sendiri seiring berjalannya waktu. Perlu diingat, benjolan yang timbul di sekitar payudara bisa dialami oleh semua usia.

Bayi bisa mengalami hal tersebut karena estrogen yang diterima dari ibunya. Saat estrogen hilang, benjolan pun ikut berkurang. Bagi remaja yang sedang mengalami masa pubertas, benjolan juga bisa muncul di area tubuh tertentu.

Baca Juga: Ini penyebab, cara mengobati, dan pencegahan benjolan di leher

Penyebab Benjolan di Payudara

Ada banyak faktor yang menyebabkan bagian di sekitar payudara meradang. Mulai dari kista, fibroadenoma, hamartoma (sejenis tumor jinak), lipoma, kecelakaan, hingga kanker payudara. Tentu saja Anda perlu memeriksakan diri ke dokter.

Apalagi jika Anda mengalami gejala lain yang lebih serius. Misalnya, Anda mendapati benjolan baru, benjolan tak kunjung hilang setelah menstruasi berakhir, ukuran benjolan menjadi lebih besar, memar di sekitar payudara tanpa alasan yang jelas, dan keluarnya darah dari puting.

Jenis Tes yang Bisa Dilakukan

Saat mengunjungi dokter, Healthline mengatakan bahwa ada beberapa pertanyaan yang biasanya diajukan pada Anda, seperti sejak kapan benjolan muncul dan apakah ada gejala lain yang Anda rasakan. Selain itu, dokter juga akan melakukan tes untuk melihat kondisi benjolan Anda.

Beberapa jenis tes yang biasanya digunakan adalah mammogram, ultrasound, Magnetic Resonance Imaging atau MRI, dan biopsi. Pilihan tes tersebut bisa disesuaikan dengan kondisi benjolan dan kesehatan Anda.

Baca Juga: Gejala tumor otak berdasarkan lokasi kemunculannya

Perawatan Benjolan di Payudara

Tidak semua benjolan yang muncul di sekitar payudara memiliki perawatan yang sama. Dokter akan menentukan perawatan apa yang tepat sesuai dengan penyebab kemunculan benjolan tersebut. Jika benjolan terjadi karena infeksi, dokter akan meresepkan antibiotik.

Hal yang berbeda akan dilakukan jika penyebab benjolan adalah kista. Untuk penyebab itu, dokter akan melakukan cara untuk mengeluarkan cairan yang menyebabkan benjolan. Begitu pula dengan benjolan yang terjadi karena kanker juga memiliki perawatan yang berbeda.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *