Rekomendasi makanan untuk darah rendah yang perlu dicoba

By | December 28, 2020


Solusisehatalami.com – JAKARTA. Sama seperti tekanan darah tinggi, hipotensi atau tekanan darah rendah tidak boleh Anda abaikan. Anda perlu melakukan berbagai cara supaya tekanan darah meningkat hingga tak berada di bawah batas normal. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan untuk darah rendah.

Bagi penderita hipotensi, cobalah untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat yang rendah. Jika tidak, gejala tekanan darah rendah yang Anda alami bisa lebih parah. Beberapa tanda yang biasanya muncul adalah pusing, mual, dan pandangan memburam.

Jantung berdebar cepat hingga pingsan juga bisa jadi tanda lain yang mungkin Anda alami. Selain mengonsumsi jenis makanan tertentu, Anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat. Misalnya, menghindari konsumsi alkohol berlebih.

Tak hanya itu, cobalah untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Anda bisa mencukupi kebutuhan cairan dengan banyak minum atau mengonsumsi buah yang mengandung banyak air, seperti semangka. Berikut ini jenis makanan apa saja yang bisa dijadikan pilihan penderita hipotensi.

Baca Juga: Inilah daftar makanan yang sebaiknya dikonsumsi pasca melahirkan

Susu dan Kacang Almond

TheHealthSite.com mengatakan bahwa susu dan kacang almond bisa jadi pilihan mengatasi hipotensi. Pertama, rendam empat hingga lima kacang almond dalam air selama semalam, lalu kupas kulitnya di pagi hari. Setelah mengolahnya menjadi pasta, campurkan pada susu dan minum setiap pagi.

Wortel

Makanan untuk darah rendah selanjutnya yang bisa Anda coba adalah wortel. Dengan mengonsumsi wortel secara rutin, tak hanya tekanan darah yang lebih stabil, aliran darah pun bisa lebih lancar. Anda bisa mengolah wortel menjadi jus dan menambahkan 2 sdm madu. Minum jus tersebut di pagi dan malam hari.

Garam

Mengutip dari TheHealthSite.com, kandungan sodium dalam garam dapat meningkatkan tekanan darah seseorang. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi garam secara berlebihan karena justru bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya.

Baca Juga: 6 Jus buah dan sayur yang bermanfaat sebagai obat herbal untuk darah tinggi

Lemon

Lemon termasuk salah satu makanan untuk darah rendah.

Selain susu, kacang almond, wortel, dan garam, lemon juga termasuk dalam daftar makanan untuk darah rendah. Antioksidan yang terkandung dalam lemon mampu mengontrol aliran dan tekanan darah. Selain itu, mengonsumsi lemon secara rutin juga bisa menghindarkan Anda dari dehidrasi.

Jika Anda mengalami gejala-gejala hipotensi, seperti lelah atau pusing, cobalah untuk minum segelas air lemon. Anda bisa menambahkan sedikit gula dan garam supaya efeknya pada tekanan darah Anda semakin maksimal.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *