Infeksi virus corona bisa dicegah, dengan mengonsumsi beta-glucan

By | December 28, 2020


Solusisehatalami.com – Selain menerapkan protokol kesehatan secara disiplin, infeksi virus corona baru bisa Anda hindari dengan meningkatkan sistem imun tubuh. Salah satu cara supaya daya tahan tubuh semakin kuat adalah dengan mengonsumsi makanan dengan komponen tertentu.

Mengutip dari Eat This, Not That!, beta-glucan dalam makanan mampu membantu tubuh untuk lebih kuat melawan infeksi virus corona. Beta-glucan adalah komponen struktural yang banyak ditemukan dalam oatmeal, jamur, algae, dan barley.

Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Dr. Emma J. Murphy dari Ireland’s Athlone Institute of Technology menunjukkan, ada dua struktur beta-glucan. Tipe pertama ditemukan dalam biji-bijian yang berguna untuk mengurangi kolesterol dan memodulasi mikrobioma usus.

Tipe kedua ditemukan dalam jamur dan ragi yang bisa berinteraksi dengan sistem imun tubuh. Selain meningkatkan sistem imun tubuh, beta-glucan juga mampu membuat respons imun lebih rileks saat terjadi inflamasi.

Baca Juga: Terbaru! 3 Fakta penting vaksin Covid-19 yang harus diketahui

Baca Juga: 4 Hal penting yang bisa menghindarkan Anda dari Virus Corona

Manfaat itu bisa Anda dapat dengan mengonsumsi jamur, misalnya, jamur shiitake, secara rutin. Efek yang sama juga bisa Anda dapat jika mengonsumsi ekstrak beta-glucan dalam bentuk suplemen.

Selain mengonsumsi beta-glucan, ada hal penting yang perlu Anda lakukan. Melansir Eat This, Not That!, menghindari kekurangan vitamin D juga tidak boleh dilupakan. Hal itu bertujuan untuk menurunkan risiko terinfeksi virus corona.

Dan tentu saja, pastikan pula untuk menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Hindari berkumpul dengan banyak orang. Jika Anda terpaksa melakukannya, jangan lupa untuk jaga jarak dan pakai masker dengan benar.

Rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer juga tidak boleh Anda tinggalkan.

Tak hanya itu, cobalah untuk menghindari tempat-tempat dengan risiko penularan virus corona yang tinggi. Misalnya, bar, kafe, restoran, atau tempat lain dengan ventilasi udara yang buruk.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *