Heboh soal varian baru virus corona, begini cara pencegahan agar tak tertular

By | December 25, 2020


Solusisehatalami.com – JAKARTA. Hingga saat ini, sudah ada delapan negara yang telah melaporkan adanya temuan varian baru virus corona yang muncul di negaranya. Adapun negara-negara tersebut yakni, Irlandia Utara, Isreal, Singapura, Denmark, Belanda, Australia, Italia, Gibraltar, dan diduga juga muncul di Perancis, dan Afrika Selatan. 

Paling dekat, Singapura mengonfirmasi bahwa mutasi virus corona seperti virus dengan jenis yang sama yang menyebar di Inggris. 

Guna mencegah penularan varian baru virus corona tersebut, apa hal-hal yang harus dilakukan? 

Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Pembangunan dan Pembiayaan Kesehatan dr Alexander K Ginting mengatakan, semua orang berpotensi terinfeksi virus corona jenis baru yang telah bermutasi. Ia menegaskan, infeksi tersebut banyak tercatat pada orang usia dewasa muda. 

Baca Juga: Mutasi corona baru muncul Nigeria, berbeda dari varian Inggris & Afrika Selatan

“Semua orang berpotensi, bahkan laporannya banyak ditemukan pada usia dewasa muda, lebih virulen,” ujar Alexander saat dihubungi Kompas.com, Kamis (24/12/2020). 

Alexander menambahkan, ada sejumlah tips yang dapat dilakukan oleh pemerintah maupun warga agar kita terhindar dari penularan virus. 

Baca Juga: Data Corona Indonesia, Kamis (24/12): Tambah 7.199 kasus, jaga jarak & pakai masker

“Pencegahannya bisa dengan contact tracing, karantina, isolasi, menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, serta dengan iman, aman, dan imun,” lanjut dia.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *