Sering salah, ini cara menggunakan test pack yang benar agar hasilnya akurat

By | December 24, 2020


Solusisehatalami.com – Salah satu cara untuk mengetahui kehamilan seseorang adalah dengan menggunakan test pack. Alat ini cukup sensitif sehingga akurasi hasilnya mencapai 99 persen jika digunakan dengan cara yang benar.

Meskipun banyak test pack menjamin keakuratannya, penggunaan yang salah membuat hasil tes tidak tepat. 

Dikutip dari Healthline, test pack bekerja mendeteksi hormon human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon ini hanya muncul saat wanita sedang hamil. 

hCG terkandung dalam urine dan bisa dideteksi dengan test pack. Namun demikian, cara mengecek kehamilan dengan test pack tidak bisa sembarangan.

Agar hasil yang didapat akurat, ada beberapa cara yang perlu Anda perhatikan. 

Berikut cara menggunakan test pack yang benar yang dirangkum Solusisehatalami.com dari Very Well Family dan The Bump:

Ada beragam jenis test pack yang beredar di pasaran. Anda bisa memilih sesuai keinginan serta kebutuhan. 

Ada 3 jenis test pack yang bisa Anda beli: test pack strip, test pack dengan wadah, dan test pack digital. Masing-masing test pack ini memiliki cara penggunaan yang berbeda.

Jenis test pack strip dan dengan wadah paling mudah ditemukan di apotek. Ada berbagai merk yang bisa Anda beli sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Sebelum menikah, ini 7 pertanyaan yang perlu kalian tanyakan pada pasangan

  • Perhatikan kondisi test pack

Jangan lupa perhatikan tanggal kadaluarsa pada test pack. Jangan menggunakan test pack yang lama karena akurasinya sudah menurun.

Perhatikan juga kondisi test pack saat membelinya. Pilih test pack yang masih dalam kondisi baik. Wadah atau kotak test pack masih dalam keadaan bagus dan tidak terbuka. 

Perhatikan juga kadaluarsa dari alat tes kehamilan ini. Jangan sampai Anda membeli yang sudah kadaluarsa karena hasilnya tentu tidak akurat.

Sebaiknya, untuk membeli test pack di supermarket besar atau apotek yang terpercaya. 

Sebelum menggunakan test pack, jangan lupa untuk membaca aturan pemakaiannya. Perhatikan, apakah Anda harus menampung urine atau tidak. 

Baca juga berapa lama Anda harus mencelupkan test pack pada urine. Durasi waktu hasil tes akan muncul juga perlu Anda perhatikan. 

Menentukan waktu pengecekan adalah salah satu cara menggunakan test pack yang tepat. Gunakan test pack saat jadwal menstruasi Anda telah satu hari. 

Pagi adalah waktu yang paling ideal untuk mengecek kehamilan. Hormon kehamilan akan lebih terlihat di urine pertama di pagi hari.

Faktor ini bisa membuat hasil tes lebih akurat dibanding waktu-waktu lain. Setelah menggunakan test pack, lihat hasil yang muncul.

Di sebagian test pack, hasil positif ditunjukkan dengan dua garis. Hasil negatif ditunjukkan dengan satu garis.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan jika dirasa belum yakin dengan hasil test pack



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *