Kaya nutrisi, inilah 5 manfaat durian untuk kesehatan tubuh Anda

By | December 24, 2020


Solusisehatalami.com – JAKARTA. Durian, salah satu buah dengan aroma yang khas, memiliki banyak nutrisi yang berguna untuk tubuh. Ada banyak manfaat durian yang bisa Anda dapat. Mulai dari mengatasi masalah tekanan darah, sistem pencernaan, dan penyakit kardiovaskular.

Menjaga Sistem Pencernaan

Jika Anda mengalami sembelit, cobalah untuk mengatasinya dengan mengonsumsi durian. Jenis buah ini mengandung banyak serat yang menstimulus gerakan peristaltik organ-organ pencernaan. Dengan begitu, buang air besar Anda menjadi lebih lancar.

Buah durian mengandung banyak tiamin yang mampu meningkatkan nafsu makan. Tak hanya itu, durian juga mampu mengatasi perut kembung, kram, dan heartburn yang sedang Anda alami.

Mengontrol Jumlah Gula Darah

Manfaat durian selanjutnya cocok digunakan oleh penderita diabetes karena mangan dalam durian mampu mengontrol jumlah gula darah dalam tubuh. Selain itu, antioksidan dalam durian juga bisa mengurangi stres oksidatif sehingga gejala diabetes bisa berkurang.

Baca Juga: Tidak ingin terkena asam urat? Hindari makanan dan minuman ini

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Manfaat durian bisa mencegah penyakit kardiovaskular.

Stylecraze (stylecraze.com) mengatakan bahwa kandungan organosulfur dalam durian mampu mencegah penyakit kardiovaskular. Karena memiliki banyak serat, mengonsumsi durian secara rutin juga mampu menurunkan jumlah kolesterol lipoprotein dan risiko penyakit jantung koroner.

Hal tersebut dibuktikan oleh penelitian dari Tulane University School of Public Health and Tropical Medicine. Meski demikian, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari efek samping durian yang tidak diinginkan.

Mencegah Tanda Penuaan

Tanda-tanda penuaan akan muncul di kulit seiring bertambahnya usia Anda. Namun, hal itu bisa dicegah dengan mengonsumsi durian secara rutin. Jenis buah ini mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas penyebab munculnya tanda penuaan.

Baca Juga: Tak hanya enak, durian atasi disfungsi seksua

Mengobati Anemia

Anemia atau kurang darah menyebabkan penderitanya sulit berkonsentrasi dan mudah lelah. Hal itu menyebabkan gangguan pada aktivitas sehari-hari. Supaya kondisi anemia Anda tak semakin parah, cobalah untuk mengatasinya dengan makan durian.

Mengutip dari Stylecraze, manfaat durian itu berasal dari banyaknya kandungan folat. Saat mengonsumsi makanan yang mengandung banyak folat, produksi sel darah merah akan meningkat. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk benar-benar membuktikan hal itu.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *