Pilihan makanan untuk penderita tipes yang sebaiknya dikonsumsi

By | December 23, 2020


Solusisehatalami.com – JAKARTA. Tipes adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella. Setiap orang bisa terinfeksi bakteri tersebut, apalagi jika daya tahan tubuh turun dan kebersihan lingkungan serta diri sendiri tak dijaga. Untuk mengatasi hal itu, Anda perlu mengonsumsi makanan untuk penderita tipes.

Penyakit tipes biasanya ditandai dengan beberapa gejala. Mulai dari demam tinggi, sakit kepala, badan terasa sakit, diare, demam, dan kelelahan yang terus dirasakan oleh penderitanya. Jika tak diatasi dengan tepat, tipes bisa menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan.

Anda perlu memerhatikan asupan nutrisi selama menderita tipes. Usahakan untuk mengonsumsi makanan bergizi supaya tubuh tetap memiliki energi dan stamina. Netmeds.com merekomendasikan beberapa jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat tipes.

Makanan Tinggi Kalori

Saat terserang tipes, nafsu makan Anda mungkin akan menurun. Hal itu menyebabkan tubuh menjadi tak berenergi dan kekurangan stamina. Karena hal itu, cobalah untuk mengonsumsi makanan berkalori supaya tubuh kembali sehat dan berat badan tak berkurang banyak.

Baca Juga: Ini gejala tifus yang harus Anda ketahui

Ada banyak jenis makanan berkalori yang bisa Anda konsumsi. Misalnya, roti, sereal, nasi, pisang, atau kentang. Tidak masalah jika Anda belum bisa mengonsumsi jenis makanan itu dalam porsi besar. Namun, pastikan supaya perut tidak kosong meski Anda tak berselera makan.

Makanan Berkarbohidrat

Salah satu makanan untuk penderita tipes yang mengandung banyak karbohidrat dan protein adalah telur rebus.

Netmeds.com mengatakan bahwa makanan untuk penderita tipes sebaiknya mengandung banyak karbohidrat yang mudah dicerna, seperti telur rebus atau buur. Tujuannya agar sistem pencernaan tak bekerja terlalu berat ketika Anda menderita penyakit tersebut.

Makanan Kaya Protein

Selain mengandung kalori dan karbohidrat, makanan untuk penderita tipes juga perlu mengandung banyak protein. Produk olaha susu bisa Anda konsumsi supaya daya tahan tubuh semakin kuat dan tubuh Anda kembali sehat.

Baca Juga: Perhatian! Ini makanan yang harus dihindari oleh penderita tipes

Tak hanya produk olahan susu, Anda bisa mendapat protein dengan mengonsumsi daging merah dan rebus. Jika Anda adalah seorang vegan, Anda bisa mengganti sumber makanan itu dengan kacang-kacangan rebus atau sumber protein nabati lainnya.

Penyakit tipes juga bisa segera sembuh jika Anda menghindari dehidrasi. Supaya keseimbangan cairan tubuh tetap terjaga, Anda bisa mengonsumsi air putih, air kelapa, jus buah, atau jenis buah lain yang mengandung banyak air.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *