Kaya zat besi, inilah 3 minuman penambah darah

By | December 23, 2020


Solusisehatalami.com – JAKARTA. Anemia atau penyakit kurang darah perlu Anda waspadai karena bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan. Mulai dari gangguan sistem pencernaan hingga pengaturan suhu tubuh terganggu. Salah satu cara untuk menghindari masalah itu adalah dengan mengonsumsi minuman penambah darah.

Jus Buah Bit

Buah bit mengandung banyak zat besi yang berguna untuk mengoptimalkan fungsi darah merah mengantar oksigen ke seluruh bagian tubuh. Tak hanya itu, jenis buah ini mengandung banyak nutrisi lain, seperti folat, potasium, dan vitamin C, yang mampu mengeluarkan zat racun.

Untuk membuat jus buah bit yang lezat, E Times (timesofindia.indiatimes.com) menyarankan supaya mencampur dua buah bit dengan satu timun, lemon, dan sedikit jahe. Gunakan blender atau juicer supaya semua bahan tercampur dengan sempurna.

Jus Bayam dan Mint

Minuman penambah darah selanjutnya bisa Anda buat dari bayam dan daun mint. Kedua jenis bahan alami itu mengandung banyak zat besi, vitamin C, dan vitamin A. Tak hanya mampu menambah jumlah darah, jus bayam dan mint juga bisa menurunkan berat badan Anda, lo.

Baca Juga: 5 Jenis buah dan sayur penambah darah untuk mengatasi anemia

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, campurkan empat potong bayam, segelas potongan daun mint, dan setengah gelas air. Anda perlu menyaring jus tersebut sebelum meminumnya. Jangan lupa untuk menambah 1 sdm air lemon dan 1 sdt bubuk kunyit supaya rasanya lebih enak.

Jus Buah Kering

Jus yang terbuat dari prune atau buah kering bisa Anda jadikan pilihan minuman penambah darah. Selain mengandung zat besi, buah kering memiliki nutrisi lain yang bermanfaat untuk tubuh. Misalnya, buah kering dapat menambah energi Anda tanpa menyebabkan lonjakan gula darah dalam tubuh.

Baca Juga: 6 Makanan penambah darah yang wajib Anda coba

Pertama, rendam buah kering ke ¼ gelas air selama 15 hingga 20 menit. Setelah itu, masukkan buah kering yang sudah direndam ke blender. Jangan lupa untuk menambah 1 gelas air, 1 sdt air lemon, dan dua sdt gula.

Setelah hancur dan teraduk rata hingga menjadi smoothie, nikmati jus buah kering dengan menambahkan es batu supaya terasa lebih segar. Dengan mengonsumsi jus tersebut secara rutin, jumlah darah Anda akan terus bertambah sehingga anemia bisa teratasi.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *