5 Manfaat petai terbaik untuk kesehatan tubuh Anda

By | December 23, 2020


Solusisehatalami.com – JAKARTA. Apakah Anda gemar mengonsumsi petai? Jika iya, maka Anda bisa berbahagia karena sumber makanan ini mengandung banyak manfaat. Manfaat petai berasal dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Dengan mengonsumsi petai secara rutin, beberapa masalah kesehatan bisa Anda atasi.

Depresi

Mengutip dari Healthbenefitstimes.com, mengonsumsi petai secara rutin bisa mengatasi depresi yang sedang Anda alami. Hal itu disebabkan karena adanya kandungan triptofan, salah satu jenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin.

Ketika jumlah serotonin dalam tubuh meningkat, tubuh akan menjadi lebih rileks. Mood atau perasaan Anda pun menjadi lebih baik seiring dengan berjalannya waktu. Meski demikian, Anda tetap perlu berkonsultasi dulu dengan dokter supaya tidak mengalami efek samping dari mengonsumsi petai.

Hipertensi dan Anemia

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu penyakit yang berbahaya untuk kesehatan jantung. Jika tak segera diatasi, risiko stroke, serangan jantung, dan sakit jantung lainnya menjadi lebih besar. Salah satu cara untuk menghindari hal itu adalah dengan mengonsumsi petai.

Baca Juga: 5 Manfaat kapulaga, bisa jadi penurun darah tinggi

Petai mengandung banyak potasium, tapi memiliki sedikit garam sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Selain itu, manfaat petai juga bisa dirasakan oleh penderita anemia karena mengandung zat besi. Zat besi akan meningkatkan produksi hemoglobin sehingga Anda tak kekurangan darah.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Salah satu manfaat petai adalah menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.

Healthbenefitstimes.com mengatakan bahwa petai mengandung banyak serat yang berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Jika Anda sering mengalami sembelit, cobalah untuk mengonsumsi petai secara rutin.

Tak hanya itu, petai juga memiliki efek antasid alami yang bisa mengatasi mual. Efek tersebut lebih terbantu karena adanya kemampuan petai untuk menurunkan jumlah gula darah dalam tubuh. Jadi, petai cocok dikonsumsi oleh para wanita hamil yang sering mengalami morning sickness.

Baca Juga: 6 Manfaat apel hijau untuk kesehatan tubuh, kulit, dan rambut

Mengatasi Bekas Gigitan Nyamuk

Selain dikonsumsi, manfaat petai juga bisa Anda dapat saat menggunakannya secara langsung di kulit untuk mengatasi bekas gigitan nyamuk. Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah, yaitu dengan menggosokkan bagian dalam kulit petai pada area bekas gigitan nyamuk.

Menghentikan Kebiasaan Merokok

Jika Anda ingin berhenti merokok, cobalah untuk sering makan petai. Kandungan potasium, vitamin B6, magnesium, dan vitamin B12 dalam petai mampu mengatasi efek penghentian nikotin. Dengan begitu, proses menghentikan kebiasaan merokok bisa lebih mudah.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *