4 Cara mengobati sakit tenggorokan efektif dengan bahan alami

By | December 23, 2020


Solusisehatalami.com – JAKARTA. Sakit tenggorokan merupakan hal yang umum dialami oleh banyak orang. Kondisi tersebut merupakan respons tubuh terhadap infeksi suatu penyakit. Supaya kesehatan Anda tak memburuk, cobalah beberapa cara mengobati sakit tenggorokan ini.

Air Garam

Salah satu sumber penyakit yang menyebabkan sakit tenggorokan adalah infeksi bakteri. Nah, hal itu bisa Anda atasi dengan berkumur menggunakan air garam. Selain membunuh bakteri penyebab infeksi, air garam juga berguna untuk mengurangi rasa sakit dan lendir.

Langkah yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, larutkan ½ sdt garam dengan 8 ons air hangat. Gunakan larutan itu untuk berkumur selama beberapa kali dalam sehari. Anda bisa mengulanginya terus hingga sakit tenggorokan Anda berkurang.

Madu

Mengutip dari Penn Medicine (pennmedicine.org), madu adalah salah satu bahan alami yang efektif mengobati sakit tenggorokan. Selain membunuh bakteri, madu juga mampu melawan infeksi virus dan meredakan peradangan.

Baca Juga: 5 Obat flu alami, solusi untuk Anda yang enggan minum obat kimia

Tak hanya itu, madu juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi batuk yang terjadi akibat sakit tenggorokan. Caranya, campurkan 2 sdm madu dengan segelas air hangat lalu minum campuran itu beberapa kali dalam sehari. Anda bisa mengganti air hangat dengan teh sesuai dengan kesukaan Anda.

Lemon

Cara mengobati sakit tenggorokan juga bisa Anda lakukan dengan memakai lemon, lo. Sama seperti bahan alami yang telah disebutkan, lemon mampu mengurangi lendir dan rasa sakit di tenggorokan Anda.

Selain itu, lemon juga kaya akan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga daya tahan tubuh Anda bisa meningkat. Pertama, campurkan 1 sdt air lemon ke dalam air hangat. Setelah itu, minum campuran itu beberapa kali sampai sakit tenggorokan berkurang.

Baca Juga: Ini penyebab, cara mengobati, dan pencegahan benjolan di leher

Teh

Salah satu cara mengobati sakit tenggorokan adalah dengan mengonsumsi teh hijau.

Penn Medicine mengatakan bahwa ada banyak jenis teh herbal yang berguna untuk meredakan sakit tenggorokan, salah satunya adalah teh hijau. Jenis teh tersebut mengandung antibakteri dan antiinflamasi yang mampu mengobati rasa sakit di tenggorokan.

Jika suara Anda serak karena sakit tenggorokan, cobalah untuk mengonsumsi teh kamomil. Teh kamomil memiliki kandungan pelumas alami sehingga cocok dimanfaatkan untuk mengatasi masalah tersebut. Namun, hati-hati terhadap kandungan kafein dalam teh karena membuat waktu istirahat Anda terganggu.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *